Selasa, 06 November 2012

Mesin EMCO TU2A


PENGENALAN  TEKNOLOGI  CNC


Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat memahami tentang pengetahuan teknologi CNC.
  2. Siswa mampu menjelaskan pengertian mesin perkakas CNC.
  3. Siswa mampu memahami aplikasi teknologi CNC pada mesin-mesin perkakas.
C      


FOR CNC TU2A

1.1. Pengenalan Teknologi CNC ( Computer Numerically Controlled )

Seiring dengan pengembangan mesin produksi, mutu produk,

ketelitian dan proses produksi, maka desain produk yang baik antara lain mencakup pemilihan fungsi, penampilan, cara memproses dan cara penyelesaian.
Contoh - contoh desain produk : spuyer untuk pemadam kebakaran, alat meteran air dll. Untuk menghasilkan produk - produk dengan ketelitian tinggi, jumlah masal, waktu pengerjaan cepat dan efisien dalam nilai ekonomis maka diperlukan mesin - mesin otomatisasi yang pada perkembangan berikutnya menggunakan teknologi komputer.
Pada saat ini teknologi komputer telah digunakan disegala bidang, salah satu yang menonjol dalam bidang permesinan, teknologi komputer digunakan sebagai basic pengendali / kontrol.
Untuk perkembangan selanjutnya otomatisasi pada proses produksi dengan mesin perkakas diawali pemanfaatan kontrol secara numerik. ( Numerik Control / NC ) dan pada tahap berikutnya teknologi komputer digunakan sebagai sistem pengendali data numerik yang dikenal dengan teknologi CNC ( Computer Numerically Controlled ).
Sedangkan aplikasi dari teknologi CNC pada mesin - mesin perkakas antara lain : mesin bubut, mesin milling/frais, mesin bor dll.

Read more>>
BAB I. TEKNOLOGI CNC      




1.2. Pengertian Mesin CNC ( Computer Numerically Controlled )
Mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan simbol) sesuai standart ISO.
Sistem kerja teknologi CNC ini akan lebih sinkron antara komputer dan mekanik, sehingga bila dibandingkan dengan mesin perkakas yang sejenis, maka mesin perkakas CNC lebih teliti, lebih tepat, lebih fleksibel dan cocok untuk produksi masal.
Dengan dirancangnya mesin perkakas CNC dapat menunjang produksi yang membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi dan dapat mengurangi campur tangan operator selama mesin beroperasi.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap sobbbbbbbbbbbb!

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code