Minggu, 02 Desember 2012

Esai:Merebaknya Virus Gangnam Style di Tanah Air


Oppan Gangnam Style
Gangnam Style
Najeneun ttasaroun inganjeogin yeoja
Keopi hanjanui yeoyureul aneun pumgyeok inneun yeoja
Bami omyeon simjangi tteugeowojineun yeoja

Geureon banjeon inneun yeoja
……………………………………………
Tahukah Anda apa judul lagu dari penggalan lirik di atas? Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita terutama para penggemar musik Korean Pop (K-POP). Judul lagu tersebut “Gangnam Style” yang tengah populer saat ini. Gangnam Style merupakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh seorang rapper asal Korea Selatan, Park Jae Sang atau yang lebih dikenal dengan nama PSY. Sebenarnya Gangnam sendiri adalah nama sebuah distrik di Korea Selatan yang terkenal sebagai area elit, tempat tinggal banyak artis papan atas, publik figur dan orang terkenal lainnya. Gangnam juga  merupakan home based 3 perusahaan besar di Korea Selatan, seperti LG, Hyundai, dan Samsung. Beverly Hillsnya Korea adalah julukan lain yang di miliki Gangnam. Korea Selatan telah dihasilkan 7% PDB (Pendapatan Domestik Bruto) dari distrik ini.
            Lagu tersebut pertama kali dirilis pada 15 Juli 2012 dan menempati posisi puncak di berbagai tangga lagu Negeri Gingseng itu. Karena keunikan dan kelucuan PSY di video ini yang berjoget-joget di beberapa titik area di Gangnam, para fans K-POP pun mulai menyebarkan video ini lewat jejaring sosial media mereka. Jika dilihat dari klip dan liriknya, lagu ini bercerita tentang gaya pria kaya raya yang disukai banyak wanita. Sedangkan menurut PSY, lagu tersebut merupakan bentuk cibiran untuk orang-orang Korea yang tergila-gila pada penampilan fisik yang sempurna.
Jauh sebelumnya, budaya Korea sudah masuk ke Indonesia. Diawali dengan serial, drama atau film-film Korea yang tayang di stasiun-stasiun televisi di Indonesia. Kemudian diikuti dengan boyband dan girlband Korea. Walau sebelumnya boyband-boyband dari Eropa atau Negara Barat lebih dahulu sampai di Indonesia, namun boyband dan girlband Korea mampu memberikan angin segar bagi penikmat musik di Indonesia dan mengalahkan popularitas boyband-boyband asal Eropa.
            Bahkan, belakangan ini telah banyak boyband dan girlband Korea yang memilih Indonesia sebagai salah satu tempat untuk tour concert mereka. Seperti halnya salah satu perusahaan musik Korea, SM Entertaintment yang mengadakan acara SM Town dengan menampilkan artis-artis mereka, seperti TVXQ atau DBSK, Super Junior, SNSD, dan BoA. Selain itu juga ada Xiah Junsu (personil JYJ) dan Big Bang yang baru saja menggelar konser di Indonesia. Hal itu terjadi karena para penggemar mereka di Indonesia sudah dianggap banyak dan apabila mereka mengadakan suatu konser bisa dipastikan sukses. Terbukti banyaknya komunitas-komunitas yang anggotanya para K-Popers. Mulai dari yang hanya asal-asalan menjadi penggemar sampai fandom-fandom (Fans Kingdom) besar, seperti Cassiopeia yang merupakan sebutan bagi para penggemar TVXQ/DBSK/Tohoshinki dan JYJ, VIP yang merupakan sebutan bagi penggemar Big Bang, Hotest, sebutan bagi penggemar 2PM, dan masih banyak lagi.
            Pengaruh budaya Korea tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini sedang tergila-gila musik dan drama Korea. Pakaian, musik, drama dan lifestyle yang saat ini sedang trendy di Korea sana akan ditiru dan diikuti khususnya oleh para remaja di negeri ini. Bahkan, lahirnya girlband dan boyband Indonesia karena dampak dari populernya boyband dan girlband asal Korea. Seperti di sebuah stasiun televisi swasta mengadakan suatu program pencarian bakat di bidang tarik suara dan para kontestan yang memenuhi kriteria akan diberi kesempatan untuk mempelajari berbagai hal yang harus ditempuh untuk menjadi seorang artis, boyband atau girlband lebih tepatnya, di Korea. Hal tersebut dapat menghilangkan kekhasan bangsa Indonesia.
Gangnam Style sepertinya semakin melambungkan Korea. Lagu tersebut identik dengan "horse dance" yang dilakukan dengan sangat atraktif dan gila oleh PSY. Gerakan Gangnam Style ternyata mengapdopsi gerakan kuda terlihat dari gerakannya yang terdiri dari Sunglasses Move, gerakan ini merupakan gerakan optional yang bisa dilakukan maupun tidak dilakukan, tetapi sangat disarankan untuk melakukan gerakan ini. Cowboy Move, gerakan ini termasuk gerakan terpenting dari Gangnam Style, lakukan gerakan ini seperti memutarkan tali lasso di udara. Horse Back Move, gerakan ini dilakukan seperti gerakan kita memacu kuda, dengan menyilangkan kedua tangan dengan sedikit lompatan. The Finish, gerakan ini merupakan gerakan terakhir dari seri gerakan dari Gangnam Style.
Tarian yang tidak tahu kenapa begitu menghipnotis banyak masyarakat Indonesia bahkan dunia. Sebenarnya tarian Gangnam Style sedikitpun tidak menarik bahkan masih kalah dengan estetika, otentik dan nilai tarian tradisional yang ada di Indonesia. Selain itu juga tergolong biasa, monoton, terkesan aneh dan tidak seperti pada tarian boyband dan girlband Korea pada umumya.
Dalam Serangkaian video K-POP di Youtube, Gangnam Style berhasil berada di posisi teratas dengan memiliki 131 juta view. Jauh lebih unggul dari Oh! miliki SNSD yang memiliki 55 Juta View, I am the Best dari 2NE1 (52 juta), Sexy, Free, and Single dari Super Junior (12 juta). Tentu saja dengan meledaknya Gangnam Style milik PSY itu di Youtube telah mendongkrak kepopularitasan K-POP di Mata Dunia. Kepopuleran lagu ini bahkan membuat beberapa pihak melarang Gangnam Style demi alasan keamanan.
Apa yang membuatnya menjadi Populer? Keunikan Video Gangnam Style menjadi hal utama yang menyebabkan “Virus Gangnam” ini tersebar dengan cepatnya bahkan Gangnam Style mewabah di Indonesia. Penampilan yang telihat Apa adanya, terkesan “norak” dengan paduan musik yang catchy dan juga gaya jogetnya yang segar seperti kuda jingkrak, membuat sejumlah orang mengikuti gaya joget seperti PSY tersebut.
Faktor kedua, PSY memiliki keunikan sendiri dari formasi band. Formasi PSY tidak seperti formasi K-POP yang identik dengan boy and girlband yang memiliki banyak personil. Tapi PSY hanya mengusung dirinya seorang sebagai anggota.  Faktor ketiga yang membuat “Demam Gangnam Style” di Youtube itu menyebar dengan cepat, Gangnam Style juga diakui di kalangan selebritas Hollywood. Seperti Britney Spears, Katty Perry, Josh Groban, Nelly Furtado, Vanessa Hudges, Robbie Williams dan Justi Bieber bahwa mereka sangat terhibur dengan Joget ala PSY itu. Lewat media sosial mereka tidak hanya memuji Park Jae Sang, tapi juga memberi link tautan Video Gangnam Style. 

Sedangkan di Indonesia “virus” tersebut tampak dari penghargaan yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada Kota Makassar sebagai penyelenggara Gangnam Style dengan peserta terbanyak. Catatan panitia menyebutkan, warga Makassar yang mengikuti goyang Gangnam Style secara massal tersebut berjumlah sekitar 11.990 orang.
Goyang Gangnam Style yang digelar di Anjungan Pantai Losari pada Minggu, 14 Oktober 2012 memang dipadati lebih 10 ribu warga. Mereka berasal dari semua kalangan umur, dari anak-anak hingga dewasa. Mereka menyatu bersama para instruktur goyang yang ditempatkan di atas panggung.
Bahkan di salah satu sekolah menengah atas juga menyelenggalarakan sebuah acara, flashmob pada kegiatan tengah tengah semester di sekolah tersebut dengan Gangnam style sebagai salah satu dari rangkaian acara. Acara tersebut berlangsung cukup meriah dan para siswa juga menyambutnya dengan antusias. Hal itu membuktikan bahwa Gangnam Style sudah sangat populer di kalangan remaja.
Budaya populer sepenuhnya tidak mengandung konotasi negatif kalau yang populer tersebut membuat masyarakat Indonesia terpacu untuk bersaing tanpa menghilangkan kekhasan Indonesia dan tidak meniru. Namun, bukannya membuat Indonesia semakin kompetitif, malah bentuk-bentuk plagiat semakin berkembang. Lihat saja, berapa boyband dan girlband Indonesia yang tidak plagiat dengan boyband dan girlband asal Korea?
 Hal tersebut juga menjukkan bahwa budaya Indonesia perlahan-lahan tergeser oleh budaya asing. Walau, Pancasila sebagai dasar negara yang terbuka dan menghargai pluralitas, tapi sebagai bangsa yang kaya ragam kebudayaan harus menjaga kebudayaan bangsanya agar tetap bertahan dari keterpurukan dan pengaruh kebudayaan asing. Satu hal yang patut dipertanyakan adalah apakah kita malu menunjukkan identitas kita adalah Indonesia?
            Memang kita tidak dapat menghentikan masuknya budaya asing ke Indonesia. Sebab di era globalisasi ini banyak cara untuk suatu hal dapat menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia. Apalagi Pancasila sebagai ideologi terbuka akan tetap mengikuti perkembangan jaman namun tetap berdasarkan nilai intrinsik yang dikandungnya. Lalu, bagaimana agar kebudayaan bangsa tetap bertahan dan tidak tergeser oleh kebudayaan asing? Banyak cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia, antara lain menumbuhkan rasa nasionalisme dan bangga terhadap kebudayaan bangsa sendiri yang unik dan patut untuk dilestarikan dengan cara mengikuti paguyupan atau perkumpulan yang mengacu pada pelestarian kebudayaan, seperti mengikuti sanggar tari tradisional, jaranan dan wayang. mejadikan berbagai kesenian daerah sebagai salah satu kegiatan pengembangan diri di sekolah. Bahkan para mahasiswa Indonesia yang belajar di National University of Singapore mengadakan suatu acara untuk melestarikan batik Indonesia dan memperingati hari Sumpah Pemuda. Selain itu juga ada wanita-wanita membatik. Jika membatik bisanya dilakukan di atas kain, baju, atau sepatu, uniknya wanita-wanita tersebut membatik di atas bra sebagai bentuk peringatan dari hari Kanker Payudara yang jatuh pada bulan Oktober.
            Apabila tidak dapat berpartisipasi secara langsung, kita dapat berperan sebagai penikmat atau penonton saja dengan tetap menghargai kebudayaan daerah yang telah tumbuh dalam masyarakat Indonesia. Hanya dengan menjadi penikmat saja kita dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa. Sebab, tanpa ada penonton, para pemain juga enggan untuk memperlihatkan aksi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code